PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN SMK HARAPAN KARTASURA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
PENGEMBANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI SMK HARAPAN KARTASURA SURAKARTA
(Semester
Genap 2013/2014)
AGOES
HENDRIYANTO, S.P., M.Pd
NIMAS PERMATA PUTRI, S. Hum., M. Pd
ABSTRAK
Penelitian dengan judul Pengembangan Pembelajaran
Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Permainan Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Siswa Kelas X dI SMK Harapan Kartasura Surakarta (Semester Genap
2013/2014). Penelitian deskriptif kualitatif dilaksanakan
di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Harapan Kartasura Surakarta. Penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Analisis kualitatif
deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa
yang dialami oleh subjek penelitian
(Moleong, 2006: 6)
Tujuan
penelitian sebagai berikut: 1) Menemukan pengembangan pembelajaran berbasis
pendidikan karakter dengan permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan
2) menemukan pengembangan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan
permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan prestasi
siswa.
Pembelajaran dengan permainan memiliki sifat yang
dominan antara lain: terdapat aktivitas interaksi antarsiswa; dapat memberikan
umpan balik langsung, memungkinkan penerapan konsep atau peran ke dalam situasi
nyata di masyarakat; memiliki sifat luwes karena dapat digunakan untuk berbagai
tujuan pembelajaran dengan hanya metode dan tema; mampu meningkatkan kemampuan komunikatif
siswa; mampu mengatasi keterbatasan siswa yang sulit belajar; dan penyajiannya
mudah dibuat serta diperbanyak. Pembelajaran berbasis pendidikan karakter
dengan permainan, siswa diajak mengenal materi pembelajaran melalui
permainan-permainan yang menarik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan
minat belajar siswa. Pembelajaran yang berbasis permainan aspek karakter sangatlah terlihat
terutama sikap kedisiplinan, kejujuran, ketangkasan, tanggung jawab,
kreatifitas, toleransi, percaya pada diri sendiri, dan tidak pantang menyerah.
Beberapa pengembangan pembelajaran
berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan metode permainan di SMK Hrapan
Kartasura Surakarta antara lain: 1) Permainan Whisper Race, 2) Bermain Peran,
3) Permainan kuis, 4)
Permainan kalimat beruntun, 5) Permainan
teka-teki silang, 6) Permaianan puzzle dan 7) Permainan puzzle bergambar.
Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan,
Karakter
.
Komentar
Posting Komentar