Pembelajaran permainan Bahasa meningkatkan karakter
ABSTRAK
Penelitian dengan judul Pengembangan Pembelajaran
Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Permainan Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Siswa Kelas X dI SMK Harapan Kartasura Surakarta (Semester Genap
2013/2014). Penelitian deskriptif kualitatif dilaksanakan
di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Harapan Kartasura Surakarta. Penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Analisis kualitatif
deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa
yang dialami oleh subjek penelitian
(Moleong, 2006: 6)
Tujuan
penelitian sebagai berikut: menemukan pengembangan pembelajaran berbasis
pendidikan karakter dengan permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat
meningkatkan prestasi siswa.
Pembelajaran dengan permainan memiliki sifat yang
dominan antara lain: terdapat aktivitas interaksi antarsiswa; dapat memberikan
umpan balik langsung, memungkinkan penerapan konsep atau peran ke dalam situasi
nyata di masyarakat; memiliki sifat luwes karena dapat digunakan untuk berbagai
tujuan pembelajaran dengan berbagai tema;
mampu meningkatkan kemampuan komunikatif siswa; mampu mengatasi
keterbatasan siswa yang sulit belajar; dan penyajiannya mudah dibuat serta
diperbanyak. Pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan permainan, siswa
diajak mengenal materi pembelajaran melalui permainan-permainan yang menarik
dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan adanya
minat siswa maka akan dapat meningkatkan kognitif, psikomotorik dan afektif
siswa. Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan metode permainan akan apat
meningkatkat prestasi siswa di sekolah. Hal ini disebabkan perubahan sikap
siswa yaitu minat, motivasi, adaptif terhadap perubahan, kepedulian terhadap
sesama, saling membantu siswa dalam hal yang positif, dan sifat kejujuran dan
disiplin anak terjadi peningkatan.
Pembelajaran yang berbasis permainan aspek karakter sangatlah terlihat
terutama sikap kedisiplinan, kejujuran, ketangkasan, tanggung jawab,
kreatifitas, toleransi, percaya pada diri sendiri, dan tidak pantang menyerah.
Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan,
Karakter
Dan selengkapnya bisa di download di sini saja
Komentar
Posting Komentar