MODUL TEORI BELAJAR BAHASA
BAB 1
TEORI BELAJAR BAHASA
Dalam
pembelajaran bahasa terdapat beberapa teori yang sangat berbeda pendapatnya.
Kelompok pertama, yakni yang berorientasi pada psikologi behaviorisme, yang kedua adalah pendekatan generatif yang berakar
pada teori psikologi nativisme dan teori psikologi kognitivisme, sedangkan yang
ketiga ialah pendekatan fungsional yang berakar pada psikologi konstruktivisme.
Ketiga teori itu ternyata mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam dunia ilmu
bahasa.
Kemampuan anak manusia untuk dapat
menguasai bahasa pertamanya dalam waktu yang relatif singkat, hanya beberapa
tahun pertama, sungguh merupakan keajaiban dan menjadi perhatian utama para
ahli pembelajaran bahasa maupun ahli psikolinguistik.
Coba Anda bayangkan. Ketika masih bayi, anak itu lahir dengan menangis,
kemudian ia mulai mendekut (cooing), kemudian mengoceh (babbling). Pada saat itu ia menghasilkan bunyi-bunyi yang tidak
jelas maknanya yang terdiri atas gabungan bunyi-bunyi vokal dan nonvokal.
Ketika anak itu mencapai umur satu setengah tahunan, mulai menghasilkan ujaran
satu kata.
Kaum behavioris yakin bahwa belajar
bahasa pada hakikatnya adalah masalah pembiasaan dan pembentukan kebiasaan.
Dengan pola pikir bahwa dalam proses pembelajaran yang penting ialah stimulus
dan respons dan adanya penguatan. Oleh sebab itu, dalam dunia pembelajaran
bahasa teori itu melahirkan pendekatan audiolingual yang banyak memberikan
penubian. Mereka yakin jika belajar bahasa itu dilakukan dengan penubian, maka
kompetensi berbahasa itu akan dapat diperoleh.
Dan bisa download modul teori bahasa
Dan bisa download modul teori bahasa
Komentar
Posting Komentar