MEMBANGUN PERADABAN DENGAN PENDIDIKAN YANG BERBASIS KARAKTER DAN NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA
KARAKTER
Undang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan agar pemerintah
mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang mengarah
kepada peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Amanat konstitusi di atas dengan tegas memberikan perhatian yang besar
akan pentingnya pendidikan karakter (akhlak mulia) dalam setiap proses pendidikan
dalam membantu membumikan nilai-nilai agama dan kebangsaan melalui ilmu
pengetahuan dan teknologi yang diajarkan kepada seluruh peserta didik. Dengan
demikian tugas setiap elemen bangsa yang terlibat dalam pendidikan wajib
hukumnya untuk mengembangkan sistem pendidikan yang berkarakter, agar nanti
anak-anak bangsa yang mengenyam bangku sekolah setidaknya paham dan
melaksanakan karakter yang baik di lingkungan masyarakat.
Keluarnya
undang-undang tentang sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), yakni Undang-Undang,
nomer 20 tahun 2003, menegaskan kembali fungsi dan tujuan pendidikan nasional
kita seperti yang telah diamanatkan dalam UUD 1945. Pada pasal 3 Undang-Undang SISDIKNAS ditegaskan, pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
Dilihat dari kacamata pendidikan, peningkatan
tersebut haruslah diterjemahkan secara operasional dan diimplementasikan
melalui proses pembelajaran yang memadai. Pembelajaran yang memadai bukan hanya
mengembangkan salah satu kecerdasan, akan tetapi seluruh kecerdasan
manusia. Dengan demikian pembelajaran
harus direncanakan dan diwujudkan dalam rangka meningkatkan ketiga kecerdasan
tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan
suatu strategi dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan
ketiga kecerdasan. Peran dari lembaga
sekolah, guru, murid dan wali siswa sangat diperlukan dalam rangka pembelajaran
yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketiga kecerdasan.
bisa didownload disini
Komentar
Posting Komentar