ADOBSI: UNTUK LEBIH LANJUT BISA BUKA DI WEB ADOBSI

Berita dari Web Adobsi: PROGRAM KERJA ADOBSI
Selasa, 20 Januari 2015, bertempat di RM Boga-Bogi 1, Solo, pengurus inti Adobsi mengadakan rapat untuk menindaklanjuti hasil uji publik susunan kepengurusan yang telah diusulkan pada Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra (PIBSI) XXXVI di Universitas Ahmad Dahlan. Selain menyepakati dan memutuskan susunan pengurus Adobsi periode 2014-2016, pertemuan ini juga membahas beberapa hal yang berkaitan dengan (2) keanggotaan Adobsi (persyaratan dan prosedur pendaftaran anggota); (3) program kerja Adobsi; (4) upaya mempromosikan keberadaan Adobsi; dan beberapa pokok bahasan lainnya.

Pertama, susunan pengurus Adobsi periode 2014-2016 yang telah disepakati dalam forum ini dapat dilihat pada Susunan Pengurus Adobsi 2014-2016.
Kedua, berkaitan dengan keanggotaan, Adobsi membuka kesempatan kepada dosen-dosen bahasa dan sastra Indonesia di seluruh penjuru nusantara untuk bergabung, baik yang berasal dari Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Linguistik, maupun dosen MKU Bahasa Indonesia. Persyaratan yang harus dipenuhi agar terdaftar sebagai anggota Adobsi antara lain mengisi formulir pendaftaran. Formulir dapat diisi langsung melalui form pendaftaran yang ada pada laman ini atau dengan mengunduhnya di sini.  Selanjutnya, peserta diwajibkan membayar kontribusi sebesar Rp 250.000,00. Setiap peserta akan memperoleh Kartu Tanda Anggota, tas, pin, dan gantungan kunci Adobsi, serta satu eksemplar jurnal/buku.
Ketiga, program kerja yang menjadi target Adobsi antara lain Seminar Nasional atau Internasional, workshop penulisan artikel jurnal nasional dan internasional, workshop penulisan buku, bintek peningkatan penjaminan mutu berbasis prodi, dan beberapa kegiatan lainnya. Sebagai kegiatan pembuka, akan diselenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dan Dosen Melalui Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya”.Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka memperkenalkan Adobsi secara lebih luas. Kegiatan tersebut rencananya dilaksanakan pada 25 April 2015 di kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan menghadirkan tiga pembicara utama, yakni (1) Dr. Sudaryanto (Program Pascasarjana UNWIDHA Klaten), (2) Prof. Dr. Suminto A. Sayuti (UNY), dan (3) Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. (Program Pascasarjana PBI FKIP UNS).
Keempat, sebagai media publikasi dan penyebaran informasi, Adobsi menyiapkan beberapa media online, yakni: (1) website di laman www.adobsi.org; (2) Facebook dengan nama akun Adobsi (www.facebook.com/adobsi); (3) Email: adobsiorg@gmail.com.
Semoga niat dan langkah baik ini mendapatkan dukungan dan respons positif dari civitas akademika, utamanya dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia sehingga ke depannya, Adobsi mampu menjadi wadah bersama untuk berbagi, berinteraksi, dan bersilaturahim. Kami tunggu jabat tangan Bapak/Ibu untuk bergabung bersama Adobsi. Mari, menjadi bagian dari kemajuan profesi.
Surakarta, 21 Januari 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Indonesia Dipelajari oleh Banyak Negara

TAWARAN BEASISWA DARI UNIVERSITI MALAYSIA SABAH (UMS) MALAYSIA 2015