MEMBANGUN PERADABAN DENGAN PENDIDIKAN YANG BERBASIS KARAKTER DAN NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA

KARAKTER
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang mengarah kepada peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
 Amanat konstitusi di atas  dengan tegas memberikan perhatian yang besar akan pentingnya pendidikan karakter (akhlak mulia) dalam setiap proses pendidikan dalam membantu membumikan nilai-nilai agama dan kebangsaan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi yang diajarkan kepada seluruh peserta didik. Dengan demikian tugas setiap elemen bangsa yang terlibat dalam pendidikan wajib hukumnya untuk mengembangkan sistem pendidikan yang berkarakter, agar nanti anak-anak bangsa yang mengenyam bangku sekolah setidaknya paham dan melaksanakan karakter yang baik di lingkungan masyarakat. 
Keluarnya undang-undang tentang sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), yakni Undang-Undang, nomer 20 tahun 2003, menegaskan kembali fungsi dan tujuan pendidikan nasional kita seperti yang telah diamanatkan dalam UUD 1945.  Pada pasal 3 Undang-Undang  SISDIKNAS ditegaskan, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 Dilihat dari kacamata pendidikan, peningkatan tersebut haruslah diterjemahkan secara operasional dan diimplementasikan melalui proses pembelajaran yang memadai. Pembelajaran yang memadai bukan hanya mengembangkan salah satu kecerdasan, akan tetapi seluruh kecerdasan manusia.  Dengan demikian pembelajaran harus direncanakan dan diwujudkan dalam rangka meningkatkan ketiga kecerdasan tersebut.  Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan ketiga kecerdasan.  Peran dari lembaga sekolah, guru, murid dan wali siswa sangat diperlukan dalam rangka pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketiga kecerdasan.
bisa didownload disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Indonesia Dipelajari oleh Banyak Negara