Pembelajaran permainan Bahasa meningkatkan karakter

ABSTRAK
Penelitian dengan judul Pengembangan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Permainan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X dI SMK Harapan Kartasura Surakarta (Semester Genap 2013/2014).   Penelitian deskriptif kualitatif dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Harapan Kartasura Surakarta. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian  kualitatif deskriptif. Analisis kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami  oleh subjek penelitian (Moleong, 2006: 6)
Tujuan penelitian sebagai berikut: menemukan pengembangan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan permainan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan prestasi siswa.
Pembelajaran dengan permainan memiliki sifat yang dominan antara lain: terdapat aktivitas interaksi antarsiswa; dapat memberikan umpan balik langsung, memungkinkan penerapan konsep atau peran ke dalam situasi nyata di masyarakat; memiliki sifat luwes karena dapat digunakan untuk berbagai tujuan pembelajaran dengan berbagai tema;  mampu meningkatkan kemampuan komunikatif siswa; mampu mengatasi keterbatasan siswa yang sulit belajar; dan penyajiannya mudah dibuat serta diperbanyak. Pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan permainan, siswa diajak mengenal materi pembelajaran melalui permainan-permainan yang menarik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan adanya minat siswa maka akan dapat meningkatkan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa. Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan metode permainan akan apat meningkatkat prestasi siswa di sekolah. Hal ini disebabkan perubahan sikap siswa yaitu minat, motivasi, adaptif terhadap perubahan, kepedulian terhadap sesama, saling membantu siswa dalam hal yang positif, dan sifat kejujuran dan disiplin anak terjadi peningkatan.
Pembelajaran yang berbasis  permainan aspek karakter sangatlah terlihat terutama sikap kedisiplinan, kejujuran, ketangkasan, tanggung jawab, kreatifitas, toleransi, percaya pada diri sendiri, dan tidak pantang menyerah. 


Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan, Karakter 
Dan selengkapnya bisa di download di sini saja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Indonesia Dipelajari oleh Banyak Negara