FORMAT ARTIKEL ILMIAH
|
JUDUL TULISAN
OLEH:
NAMA
PENULIS
NIM
PRODI
PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP
PGRI PACITAN
2014
Judul Penelitian
|
:
|
|
Nama Peneliti
|
:
|
|
Dosen
Pembimbing
(Agoes
Hendriyanto, S.P.,M.Pd)
NIDN:
0719017103
|
Pacitan, 12 Januari 2014
Penulis
(..........................................)
|
Mengetahui;
Kaprodi
Pendidikan Matematika
(Khoirul
Qudsiyah, M.Pd)
NIDN:
0709108201
|
Abstrak
Abstrak memuat judul, tujuan, metode, hasil, simpulan
Penelitian dengan judul: Implementasi
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia (SMAN 1 Pacitan), bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: 1)
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan
Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pacitan; 2) Implementasi Implementasi Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pacitan dalam
mata Pelajaran Bahasa Indonesia; dan 3) Perencanaan pembelajaran Bahasa
Indonesia berperspektif pendidikan karakter.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1
Pacitan.
Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif berbentuk studi kasus. Sumber data
penelitian ini, yakni informan, peristiwa pembelajaran, dan dokumen terkait.
Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Teknik yang
digunakan untuk memeriksa kesahihan data, yakni triangulasi data dan
triangulasi metodologis. Data yang
terkumpul dianalisis dengan teknik interaktif dengan langkah-langkah, meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil analisis
Kata Kunci:
variabel a, variabel b
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peningkatan mutu penyelenggaraan akademik di sekolah
dititik beratkan pada penciptaan proses pembelajaran yang kondusif, efektif,
dan efisien, agar dapat memberikan bekal kemampuan akademis dan profesional
kepada para siswa, sehingga lulusan yang dihasilkan siap bersaing di pasar
global. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional sesuai UU No.20/2003 Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 3, fungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, Tujuannya adalah untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud),
mengatakan bahwa: “Kurikulum Pendidikan 2013 akan diimplementasikan secara
bertahap dan terbatas mulai 15 Juli 2013 atau tepat tahun ajaran baru.
Pengimplementasian kurikulum 2013 itu tidak dilaksanakan pada seluruh jenjang
pendidikan. Melainkan hanya SD kelas 1 dan kelas 4 serta kelas 1 SMP/MTs dan
SMA/SMK/MA”. (http://www.google.com/implementasi+kurikulum+2013).
Pelaksanaan kurikulum 2013 di Pacitan belum diberlakukan pada semua jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan yang diberlakukan
kurikulum 2013 hanya sekolah yang berada di sekitar ibukota kecamatan. Salah
satunya di SMAN 1 Pacitan telah
diberlakukan di kelas X mulai
tahun ajaran baru semester ganjil 2013/2014. Pelaksanaan sampai dengan akhir
semester ganjil 2013/2014 pembelajaran
bahasa Indonesia di kelas X SMA N di Pacitan perlu mendapatkan evaluasi
pelaksanaan.
Dalam implementasi pelaksanaan Kurikulum 2013 menurut
Ahmad Sudrajat (2013), ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda Kementerian.
Adapun persiapan implementasi kurikulum
2013: Pertama, berkait dengan buku pegangan dan buku murid; Kedua, pelatihan guru dalam mengimplementasi
kurikulum dilakukan secara bertahap; Ketiga, terjadi perubahan tata kelola
kurikulum 2013 misalnya, administrasi
buku raport tentu berubah karena terjadinya perubahan empat standar dalam kurikulum
2013 (http
: // blogwandi. blogspot.com /2012/11/kurikulum-sd-smp-smu-smk-2013.html).
Berdasarkan paparan di atas menunjukkan bahwa untuk memenuhi ketiga syarat
tersebut memerlukan waktu dan pemikiran yang sangat lama tidak hanya 1 bulan 2
bulan. Persiapan tersebut harus
dilakukan dalam kurun waktu yang lama sehingga implementasi kurukulum 2013
belum dapat di laksanakan secara optimal.
Untuk itu maka peneliti mengambil permaslahan bagaimana pelaksanaan
kurikulum 2013 di Pacitan khususnya di SMAN 1 Pacitan.
Implementasi pelaksaan kurikulum 2013 banyak sekali
hambatan yang harus segera diselesaikan agar prosesnya dapat berjalan sesuai
dengan harapan. Untuk itu sesuai dengan
ketiga persiapan di atas harus segera dilaksanakan agar proses berjalan dengan
baik. Perubahan itu sesuatu yang niscaya harus dihadapi mana kala pendidikan di
Indonesia ingin terus maju dan berkembang. Melalui perubahan kurikulum, diharapkan akan
membeli masa depan anak didik dengan harga sekarang. Fungsi
disekolah masih banyak menghadapi kendala yang perlu diatasi dan dipecahkan
bersama. Agar dapat mengatasi kendala yang dihadapi diperlukan kinerja yang
sinergis antara sekolah, guru, tenaga administrasi, dan siswa.
Kesadaran untuk bekerja sinergis telah dimiliki oleh semua
unsur yang ada di sekolah tersebut. Dengan kesadaran tersebut, pelaksanaan tugas
penerimaan siswa (input), proses pembelajaran, dan penilaian selalu
ditingkatkan agar menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tujuan kurikuler (output).
Lulusan yang berkualitas akan berdampak positif (outcome) bagi sekolah
dan masyarakat. Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia, guru dapat
melakukan beberapa model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan prestasi
siswa dalam proses pembelajaran.
B.Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam
Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN di Pacitan?
2.
Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN di Pacitan dalam mata Pelajaran Bahasa
Indonesia?
3.
Bagaimana
Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berperspektif pendidikan karakter ?
C.Tujuan
Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah di atas dapat dirumuskan
tujuan penelitian sebagai berikut untuk
mengetahui:
1. Implementasi Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pacitan.
2. Implementasi Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 pacitan dalam
mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
3. Perencanaan pembelajaran
Bahasa Indonesia berperspektif pendidikan karakter.
D.Manfaat
Penulisan
Manfaat secara Umum:
Variabel
a
Variabel
b
BAB 2
KAJIAN TEORI
A.
B.
ATAU
2.1......
2.2.......
BAB 3
METODE PENELITIAN
3.1. Tempat Penulisan
Penelitian diskriptif kualitatif
dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pacitan Kelas X yang telah
melaksanakan Kurikulum 2013 di Kabupaten Pacitan. Pemilihan lokasi dalam penelitian ini dengan
beberapa pertimbangan. Pertimbangan pertama ialah penelitian tersebut sangat
penting dilakukan untuk melihat seberapa besar dampak atau perubahan pada aspek
karakter pelajar SMA. Pertimbangan kedua
ingin melihat keberhasilan yang dicapai selama satu semester pelaksanaan
kurkulum 2013. Ketiga, tempat tersebut
belum pernah digunakan untuk penelitian sejenis. Hal ini dimungkinkan tidak
adanya kemungkinan kesamaan penelitian.
3.2. Jenis Penulisan
Penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian
kualitatif diskriptif. Analisis kualitatif deskriptif adalah penelitian
yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian (Moleong,2006:
6). Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskripsi kualitatif. Sebab
data yang diperoleh adalah data verbal yang berupa deskripsi tentang sesuatu. Kaitannya dengan penelitian
yang dilakukan oleh peneliti, penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian
untuk mendeskripsikan tentang wujud aspek-aspek penelitian
3.3.
Data dan Sumber Data
Data dalam penelitian diperlukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Data adalah sumber informasi yang akan diseleksi sebagai bahan analisis. Oleh
karena itu, kualitas dan ketepatan pengambilan data tergantung pada ketajaman
menyeleksi yang dipandu oleh penguasaan konsep atau teori. Sumber data utama penelitian deskriptif kualitatif berupa
dokumen pribadi, dokumen lembaga pendidikan, catatan lapangan, wawancara, dan
responden (Sugiyono, 2011).
3.4.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini ialah Participant observation, In depht
interview, Dokumentasi dan Triangulasi (Sugiyono,
2011: 308).
3.5.
Validitas Data
Validitas data
dilakukan untuk dapat mempertanggungjawabkan penelitian secara ilmiah.
Validitas data yang digunakan dalam penelitian meliputi validitas
internal, (Sugiyono, 2011: 364).
Validitas internal (credibility)
dapat dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam
penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat.
3.6.
Teknik Analisis Data
Analisis data adalah proses mencari dan menyususn
secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan,
dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori,
menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, meyusun pola, memilih mana
yang penting dan akan dipelajari, kemudian membuat suaatu kesimpulan (Sugiyono,
2011: 333). Ada tiga
langkah yang dilakukan dalam menganalisis data kualitatif. Ketiga langkah yang
dimaksud, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan dan verifikasi
data. Dalam penelitian ini, prosedur pengolahan data juga dilakukan dengan
ketiga langkah tersebut, yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3)
Penarikan kesimpulan dan verifikasi.
ATAU
Jika hasil dari studi literatur menggunakan penulisan di bawah ini:
BAB 3
METODE
PENULISAN
3.1.
Pendekatan Penulisan
3.2.Sumber
Penulisan
3.3.Sasaran
Penulisan
Sasaran – Objek /sasaran yang
dituju
3.4.Tahapan
Penulisan
-perencanaan
-
BAB
3
PEMBAHASAN
Menjawab Permasalahan
yang dikaitakan dengan teori????
BAB 4
PENUTUP
4.1. Simpulan
Jawaban rumusan masalah
4.2. Saran
DAFTAR
PUSTAKA
Moleong,
Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (MixedMethods).Bandung:
Alfabeta
BIODATA PENULIS ATAU PENELITI
1
|
Nama
|
:
|
|
2
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
:
|
|
3
|
Program Studi
|
:
|
|
4
|
Alamat
|
:
|
|
5
|
Status
Akademik
|
:
|
|
7
|
Pendidikan
Terakhir
|
:
|
Komentar
Posting Komentar