FORMAT ARTIKEL ILMIAH


         A/B
 
JUDUL TULISAN

OLEH:

NAMA PENULIS
NIM

PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PGRI PACITAN
2014

HALAMAN PENGESAHAN

Judul Penelitian


:

Nama Peneliti



:







Dosen
Pembimbing



(Agoes Hendriyanto, S.P.,M.Pd)
NIDN: 0719017103
Pacitan, 12 Januari 2014
Penulis




(..........................................)

Mengetahui;
Kaprodi
Pendidikan Matematika




(Khoirul Qudsiyah, M.Pd)
NIDN: 0709108201

Abstrak
Abstrak memuat judul, tujuan, metode, hasil, simpulan
Penelitian dengan judul: Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (SMAN 1 Pacitan), bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) Implementasi  Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pacitan;  2) Implementasi Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pacitan dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia; dan 3) Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berperspektif pendidikan karakter.


Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pacitan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berbentuk studi kasus. Sumber data penelitian ini, yakni informan, peristiwa pembelajaran, dan dokumen terkait. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Teknik yang digunakan untuk memeriksa kesahihan data, yakni triangulasi data dan triangulasi metodologis.  Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik interaktif dengan langkah-langkah, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil analisis

Kata Kunci: variabel a, variabel b
  BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Peningkatan mutu penyelenggaraan akademik di sekolah dititik beratkan pada penciptaan proses pembelajaran yang kondusif, efektif, dan efisien, agar dapat memberikan bekal kemampuan akademis dan profesional kepada para siswa, sehingga lulusan yang dihasilkan siap bersaing di pasar global. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional sesuai UU No.20/2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, fungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, Tujuannya adalah  untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mengatakan bahwa: “Kurikulum Pendidikan 2013 akan diimplementasikan secara bertahap dan terbatas mulai 15 Juli 2013 atau tepat tahun ajaran baru. Pengimplementasian kurikulum 2013 itu tidak dilaksanakan pada seluruh jenjang pendidikan. Melainkan hanya SD kelas 1 dan kelas 4 serta kelas 1 SMP/MTs dan SMA/SMK/MA”. (http://www.google.com/implementasi+kurikulum+2013). Pelaksanaan kurikulum 2013 di Pacitan belum diberlakukan pada semua jenjang pendidikan.  Jenjang pendidikan yang diberlakukan kurikulum 2013 hanya sekolah yang berada di sekitar ibukota kecamatan. Salah satunya di SMAN 1 Pacitan telah  diberlakukan di kelas  X mulai tahun ajaran baru semester ganjil 2013/2014. Pelaksanaan sampai dengan akhir semester ganjil 2013/2014  pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA N di Pacitan perlu mendapatkan evaluasi pelaksanaan.
Dalam implementasi pelaksanaan Kurikulum 2013 menurut Ahmad Sudrajat (2013), ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda Kementerian. Adapun persiapan  implementasi kurikulum 2013:  Pertama, berkait dengan buku pegangan dan buku murid; Kedua, pelatihan guru dalam mengimplementasi kurikulum dilakukan secara bertahap;  Ketiga, terjadi perubahan tata kelola kurikulum 2013  misalnya, administrasi buku raport tentu berubah karena terjadinya perubahan empat standar dalam kurikulum 2013 (http : // blogwandi. blogspot.com /2012/11/kurikulum-sd-smp-smu-smk-2013.html). Berdasarkan paparan di atas menunjukkan bahwa untuk memenuhi ketiga syarat tersebut memerlukan waktu dan pemikiran yang sangat lama tidak hanya 1 bulan 2 bulan.  Persiapan tersebut harus dilakukan dalam kurun waktu yang lama sehingga implementasi kurukulum 2013 belum dapat di laksanakan secara optimal.  Untuk itu maka peneliti mengambil permaslahan bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013 di Pacitan khususnya di SMAN 1 Pacitan.
Implementasi pelaksaan kurikulum 2013 banyak sekali hambatan yang harus segera diselesaikan agar prosesnya dapat berjalan sesuai dengan harapan.  Untuk itu sesuai dengan ketiga persiapan di atas harus segera dilaksanakan agar proses berjalan dengan baik. Perubahan itu sesuatu yang niscaya harus dihadapi mana kala pendidikan di Indonesia ingin terus maju dan berkembang.  Melalui perubahan kurikulum, diharapkan akan membeli masa depan anak didik dengan harga sekarang. Fungsi disekolah masih banyak menghadapi kendala yang perlu diatasi dan dipecahkan bersama. Agar dapat mengatasi kendala yang dihadapi diperlukan kinerja yang sinergis antara sekolah, guru, tenaga administrasi, dan siswa.
Kesadaran untuk  bekerja sinergis telah dimiliki oleh semua unsur yang ada di sekolah tersebut. Dengan kesadaran tersebut, pelaksanaan tugas penerimaan siswa (input), proses pembelajaran, dan penilaian selalu ditingkatkan agar menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tujuan kurikuler (output). Lulusan yang berkualitas akan berdampak positif (outcome) bagi sekolah dan masyarakat. Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia, guru dapat melakukan beberapa model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan prestasi siswa dalam proses pembelajaran.



B.Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana Implementasi  Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN di Pacitan?
2.      Bagaimana  Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN di Pacitan dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia?
3.      Bagaimana Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berperspektif pendidikan karakter ?

C.Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah  di atas dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut  untuk mengetahui:
1.    Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Pacitan.
2.    Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 pacitan dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
3.  Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berperspektif pendidikan karakter.

D.Manfaat Penulisan
Manfaat secara Umum:

Variabel a

Variabel b
 BAB 2
KAJIAN TEORI
A. 
B.
ATAU
2.1......
2.2.......
BAB 3
METODE PENELITIAN
3.1. Tempat Penulisan
Penelitian diskriptif kualitatif dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pacitan Kelas X yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 di Kabupaten Pacitan.  Pemilihan lokasi dalam penelitian ini dengan beberapa pertimbangan. Pertimbangan pertama ialah penelitian tersebut sangat penting dilakukan untuk melihat seberapa besar dampak atau perubahan pada aspek karakter pelajar SMA.  Pertimbangan kedua ingin melihat keberhasilan yang dicapai selama satu semester pelaksanaan kurkulum 2013.  Ketiga, tempat tersebut belum pernah digunakan untuk penelitian sejenis. Hal ini dimungkinkan tidak adanya kemungkinan kesamaan penelitian.

3.2. Jenis Penulisan
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian  kualitatif diskriptif. Analisis kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami  oleh subjek penelitian (Moleong,2006: 6).  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi  kualitatif. Sebab data yang diperoleh adalah data verbal yang berupa deskripsi  tentang sesuatu. Kaitannya dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian untuk mendeskripsikan tentang wujud aspek-aspek penelitian

3.3. Data dan Sumber Data
Data dalam penelitian diperlukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Data adalah sumber informasi yang akan diseleksi sebagai bahan analisis. Oleh karena itu, kualitas dan ketepatan pengambilan data tergantung pada ketajaman menyeleksi yang dipandu oleh penguasaan konsep atau teori. Sumber data utama penelitian deskriptif kualitatif berupa dokumen pribadi, dokumen lembaga pendidikan, catatan lapangan, wawancara, dan responden (Sugiyono, 2011).


3.4. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Participant observation, In depht interview, Dokumentasi dan Triangulasi (Sugiyono, 2011: 308).

3.5. Validitas Data
Validitas data dilakukan untuk dapat mempertanggungjawabkan penelitian secara ilmiah. Validitas data yang digunakan dalam penelitian meliputi validitas internal,  (Sugiyono, 2011: 364). Validitas internal (credibility) dapat dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat.

3.6. Teknik Analisis Data
Analisis data adalah proses mencari dan menyususn secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, meyusun pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, kemudian membuat suaatu kesimpulan (Sugiyono, 2011: 333).  Ada tiga langkah yang dilakukan dalam menganalisis data kualitatif. Ketiga langkah yang dimaksud, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan dan verifikasi data. Dalam penelitian ini, prosedur pengolahan data juga dilakukan dengan ketiga langkah tersebut, yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi.

ATAU 
Jika hasil dari studi literatur menggunakan penulisan di bawah ini:

BAB 3
METODE PENULISAN
3.1. Pendekatan Penulisan
3.2.Sumber Penulisan
3.3.Sasaran Penulisan
Sasaran – Objek /sasaran yang dituju
3.4.Tahapan Penulisan
-perencanaan
-
BAB 3
PEMBAHASAN
Menjawab Permasalahan yang dikaitakan dengan teori????

BAB 4
PENUTUP
4.1. Simpulan
Jawaban rumusan masalah

4.2. Saran

DAFTAR PUSTAKA
Moleong, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (MixedMethods).Bandung: Alfabeta


BIODATA PENULIS ATAU PENELITI

1
Nama
:

2
Tempat dan Tanggal Lahir

:

3
Program Studi
:

4
Alamat
:

5
Status Akademik
:

7
Pendidikan Terakhir
:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Indonesia Dipelajari oleh Banyak Negara